Pengertian Dasar Tentang Keyword (Kata Kunci)

Hubungi Kami
Masih banyak orang yang belum paham akan pengertian dari keyword atau kata kunci. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan pemahaman lebih lanjut.

Keyword atau kata kunci sebenarnya adalah sebuah kata, frase ataupun kalimat yang digunakan oleh pengunjung internet dalam mesin pencari atau search engine seperti google untuk menemukan tujuannya.

Apa itu kata kunci?



Kata kunci merupakan gagasan serta topik yang menentukan konten Anda. Dari segi SEO, kata-kata serta frase yang dicari pencari masuk ke mesin telusur, juga disebut dengan "kueri penelusuran". Apabila Anda merebus segala sesuatu dihalaman Anda - semua gambar, video, salinan, dll - hingga ke kata-kata dan frasa sederhana, itu merupakan kata kunci utama Anda.

Sebagai pemilik situs web juga pencipta konten, Anda ingin kata kunci dihalaman Anda relevan dengan apa yang di telusuri orang hingga mereka mempunyai kesempatan lebih bagus untuk menemukan konten Anda diantara hasilnya.

Mengapa kata kunci sangat penting?



Kata kunci penting dikarenakan adalah garis penopang antara apa yang dicari orang serta konten yang Anda berikan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Tujuan Anda dalam rangking di search engine ialah mengarahkan lalu lintas organik ke situs Anda dari halaman hasil mesin pencari (SERPs), dan kata kunci yang Anda pilih untuk di targetkan (artinya, antara lain, konten yang Anda pilih untuk di sertakan dalam konten Anda) akan menentukan jenis lalu lintas yang Anda dapatkan. Apabila Anda mempunyai toko alat kesehatan, misalnya, Anda mungkin ingin menentukan peringkat untuk "kursi roda murah" - namun apabila Anda tak berhati-hati, Anda mungkin akhirnya menarik lalu lintas yang tertarik untuk menemukan tempat baru untuk menari setelah gelap.

Kata kunci sebanyak audiens Anda seperti konten Anda, karena Anda mungkin menggambarkan apa yang Anda tawarkan dengan cara yang sedikit berbeda dari yang di minta sebagian orang. Untuk membuat konten yang memiliki peringkat baik secara organik serta mendorong pengunjung ke situs Anda, Anda harus memahami dulu kebutuhan pengunjung tersebut - bahasa yang mereka gunakan serta jenis konten yang mereka cari. Anda dapat melakukan ini dengan berbicara kepada pelanggan Anda, mengunjungi forum juga kelompok masyarakat, serta melakukan riset kata kunci Anda sendiri dengan alat seperti Keyword Explorer.

Apa itu kata kunci ekor panjang? (Long Tail Keywords)



Kata kunci dapat luas dan luas (umumnya disebut dengan "kata kunci utama"), atau kombinasi tersebut dapat menjadi kombinasi yang lebih spesifik dari beberapa istilah - inilah yang sering disebut "kata kunci ekor panjang" atau Long Tail Keyword.

Kata kunci tunggal mungkin nampak sebagai tujuan akhir Anda dikarenakan mereka sering mempunyai volume pencarian yang menggoda dan tinggi. Tetapi, mereka umumnya mempunyai persaingan yang amat ketat. Anda mungkin ingin toko pakaian butik Anda diberikan peringkat untuk "pakaian", namun akan sulit untuk menentukan peringkat di atas hasil pencarian.

Diatas persaingan yang kuat tersebut, kata kunci tunggal dapat sangat menyebalkan. Jika seseorang mencari "jam", Anda tak tahu apakah mereka menginginkan daftar harga jam, informasi tentang model jam, tempat untuk membeli jam tangan, atau hanyalah sebuah situs dengan foto jam yang trendy.

Kata kunci ekor panjang atau long tail keyword umumnya mempunyai maksud yang lebih jelas. Contohnya, "jam tangan pria murah berkualitas model terbaru" atau "toko jam tangan pria murah di jakarta" Anda juga akan menemukan bahwa kata kunci ekor panjang mempunyai persaingan yang lebih sedikit, dengan ruang untuk situs yang lebih kecil untuk masuk juga membuat tanda mereka di SERPs.

Menggunakan kata kunci dihalaman Anda



Tak ada gunanya melempar kata kunci dihalaman Anda. Membuat konten yang menarik ialah tentang memberikan nilai nyata bagi orang sungguhan, bukan hanya mengirimkan petunjuk kepada teman robot kami di Google.

Ada beberapa aturan penggunaan kata kunci dasar yang harus Anda ikuti untuk memulai. Kata kunci yang unik harus di pekerjakan pada setiap halaman situs Anda diarea yang bot juga manusia umumnya terlihat meyakinkan mereka bahwa Anda mempunyai apa yang mereka cari. Ini termasuk tag judul serta isi konten Anda, yang mengarah ke poin penting: perangkap clickbait. Anda mungkin percaya bahwa Anda menarik lebih banyak klik dengan menawarkan judul yang tak jelas untuk konten Anda, namun dengan menyamarkan apa sebenar-benarnya halaman tersebut, Anda tersisih dari beberapa kekuatan kata kunci.

Anda juga bisa melihat kata kunci utama Anda bekerja ke URL Anda, tag H1 pada halaman, deskripsi meta, dan atribut alt gambar pada halaman; semua tempat ini akan membantu mengetahui mesin telusur pada konten Anda sebenarnya.

Menggunakan kata kunci Anda diarea ini merupakan cara paling mendasar untuk menargetkan konten Anda ke hasil pencarian. Ini tak akan segera melesatkan Anda ke hasil teratas, tapi itu penting memakai SEO; Gagal mengambil langkah-langkah dasar ini dapat membuat Anda tak berprestasi dengan cara lain.

Menggunakan kata kunci untuk merumuskan strategi konten



Meskipun Anda sering dapat memulai dengan kata kunci serta membuat sepotong konten disekitar istilah itu, terkadang konten Anda sudah ada, dan Anda perlu mengetahui bagaimana mencocokkannya dengan kata kunci. Untuk melakukan hal tersebut, buat apa yang dikenal sebagai "konten ke peta kata kunci". Membuat peta ini bisa membantu Anda memahami dampak dari konten Anda yang ada serta mengidentifikasi tautan ataupun celah lemah yang perlu diisi.

Sebagai kata kunci menentukan setiap halaman situs Anda, Anda dapat menggunakannya untuk mengatur konten Anda serta merumuskan sebuah strategi. Cara paling mendasar untuk melakukannya ialah dengan memulai spreadsheet ("konten ke peta kata kunci" Anda) serta mengidentifikasi kata kunci utama Anda untuk masing-masing artikel. Anda lalu bisa membuat sheet Anda sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri, menambahkan volume pencarian kata kunci, lalu lintas organik, otoritas halaman juga metrik lainnya yang penting untuk bisnis Anda.

Idealnya, Anda ingin setiap halaman disitus Anda menargetkan kata kunci utama yang unik. Secara umum, beranda Anda akan menargetkan istilah industri yang sangat luas dan saat Anda membuat halaman kategori, halaman produk, dan artikel, mereka akan menelusuri niche Anda dan menargetkan kebutuhan yang lebih spesifik.


Dan untuk lebih memudahkan pemahaman anda silahkan lihat contoh dibawah ini :



Pak Yaan gelion ingin mendownload sebuah software untuk merubah alamat ip komputernya, kemudian ia mengetikkan sebuah kalimat pada mesin pencari google "download software perubah ip" kalimat dalam tanda kutip tersebutlah yang disebut dengan keyword atau kata kunci. Kemudian google akan memberikan hasil pencarian dari kata kunci atau keyword yang Pak Yaan gelion ketikkan tadi.



Dari hasil pencarian tersebut situs blog soft-212.blogspot.com muncul pada halaman / posisi satu mesin pencari google. Lalu bagaimana agar website anda memiliki keyword yang optimal ? tentu saja agar bisa masuk pada halaman atau posisi satu pada hasil pencarian di search engine maka anda harus mengoptimasi keyword anda menggunakan tehnik seo.

Untuk pemahaman lebih lanjut mengenai seo silahkan baca : Pengertian SEO

Mungkin itu saja sedikit penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan keyword atau kata kunci ?

jika masih ada yang belum jelas bisa menghubungi kami melalui halaman contact us.

Hormat Kami
Opzite.Com


Artikel ini terakhir diupdate pada tanggal 29 Januari 2018








tags: pengertian, dasar, tentang, definisi, maksud, dari, keyword, kata, kunci
Contact Us

Note: Layanan Jasa SEO Murah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Seluruh Wilayah Indonesia Bergaransi Halaman 1 Google. Informasi Lengkap Anda dapat Menghubungi Kami disini.
Disqus Comments