Menulis Ulang Panduan Pemula untuk SEO, Bab 7: Mengukur, Memprioritaskan, & Melaksanakan SEO

Hubungi Kami
Akhirnya di sini, untuk ulasan dan umpan balik Anda: Bab 7 dari Panduan Pemula baru untuk SEO, bab terakhir. Kami mengakhiri panduan ini dengan saran tentang cara mengukur, memprioritaskan, dan mengeksekusi di SEO Anda. Dan jika Anda melewatkannya, lihat konsep garis besar kami, Bab Satu, Bab Dua, Bab Tiga, Bab Empat, Bab Lima, dan Bab Enam untuk kesenangan membaca Anda.



Atur diri Anda untuk sukses.

Mereka mengatakan jika Anda bisa mengukur sesuatu, Anda bisa memperbaikinya.

Dalam SEO, tidak ada bedanya. SEO profesional melacak segala sesuatu mulai dari peringkat dan konversi hingga tautan yang hilang dan lebih banyak lagi untuk membantu membuktikan nilai SEO. Mengukur dampak pekerjaan Anda dan penyempurnaan yang berkelanjutan sangat penting untuk kesuksesan SEO Anda, retensi klien, dan nilai yang dirasakan.

Ini juga membantu Anda memutar prioritas Anda ketika sesuatu tidak berfungsi.
Mulailah dengan akhir dalam pikiran

Meskipun memiliki beberapa tujuan (makro dan mikro) adalah hal yang umum, menetapkan satu tujuan akhir primer spesifik adalah penting.

Satu-satunya cara untuk mengetahui apa tujuan akhir utama sebuah situs web seharusnya adalah memiliki pemahaman yang kuat tentang tujuan situs web dan / atau kebutuhan klien. Pertanyaan klien yang baik tidak hanya membantu dalam mengarahkan upaya Anda secara strategis, tetapi juga menunjukkan bahwa Anda peduli.

Contoh pertanyaan klien:

     Bisakah Anda memberi kami sejarah singkat perusahaan Anda?
     Berapa nilai moneter dari arahan baru yang memenuhi syarat?
     Apa layanan / produk Anda yang paling menguntungkan (secara berurutan)?

Ingatlah tip-tip berikut sambil menetapkan sasaran utama, sasaran tambahan, dan tolok ukur situs web:

Baca Juga: Jasa SEO

Kiat pengaturan sasaran

    Terukur: Jika Anda tidak bisa mengukurnya, Anda tidak bisa memperbaikinya.
    Lebih spesifik: Jangan biarkan jargon pemasaran industri yang samar memperjelas tujuan Anda.
    Bagikan tujuan Anda: Penelitian menunjukkan bahwa menulis dan berbagi tujuan Anda dengan orang lain meningkatkan peluang Anda untuk mencapainya.

Ukur

Sekarang setelah Anda menetapkan tujuan utama, evaluasi metrik tambahan mana yang dapat membantu mendukung situs Anda dalam mencapai tujuan akhirnya. Mengukur tolok ukur tambahan (yang berlaku) dapat membantu Anda menjaga denyut nadi lebih baik pada kesehatan dan kemajuan situs saat ini.


Metrik keterlibatan

Bagaimana orang berperilaku begitu mereka mencapai situs Anda? Itulah pertanyaan yang ingin dijawab oleh metrik keterlibatan. Beberapa metrik paling populer untuk mengukur bagaimana orang terlibat dengan konten Anda meliputi:

Tingkat konversi - Jumlah konversi (untuk satu tindakan / tujuan yang diinginkan) dibagi dengan jumlah kunjungan unik. Tingkat konversi dapat diterapkan untuk apa saja, mulai dari pendaftaran email hingga pembelian hingga pembuatan akun. Mengetahui tingkat konversi Anda dapat membantu Anda mengukur laba atas investasi (ROI) yang mungkin dihasilkan oleh lalu lintas situs web Anda.

Di Google Analytics, Anda dapat menetapkan sasaran untuk mengukur seberapa baik situs Anda mencapai tujuannya. Jika tujuan Anda untuk sebuah halaman adalah isian formulir, Anda dapat mengaturnya sebagai tujuan. Ketika pengunjung situs menyelesaikan tugas, Anda akan dapat melihatnya di laporan Anda.

Baca Juga: Jasa SEO Solo

Waktu di halaman - Berapa lama orang menghabiskan waktu di halaman Anda? Jika Anda memiliki posting blog 2.000 kata yang hanya dihabiskan pengunjung rata-rata 10 detik, kemungkinannya kecil karena konten ini dikonsumsi (kecuali mereka adalah pembaca kecepatan mega). Namun, jika URL memiliki waktu yang rendah pada halaman, itu tidak selalu buruk juga. Pertimbangkan maksud halaman. Sebagai contoh, itu normal untuk halaman "Hubungi Kami" untuk memiliki waktu rata-rata yang rendah di halaman.

Halaman per kunjungan - Apakah tujuan halaman Anda agar pembaca tetap terlibat dan membawanya ke langkah berikutnya? Jika demikian, maka halaman per kunjungan dapat menjadi metrik keterlibatan yang berharga. Jika tujuan halaman Anda terlepas dari halaman lain di situs Anda (mis: pengunjung datang, dapatkan apa yang mereka butuhkan, lalu pergi), maka halaman rendah per kunjungan tidak masalah.

Tingkat pentalan - Sesi "Terpental" menunjukkan bahwa seorang pencari mengunjungi halaman dan pergi tanpa menjelajahi situs Anda lebih jauh. Banyak orang mencoba menurunkan metrik ini karena mereka yakin itu terkait dengan kualitas situs web, tetapi sebenarnya hal itu hanya memberi tahu kita sedikit tentang pengalaman pengguna. Kami telah melihat kasus peningkatan rasio pentalan untuk situs web restoran yang dirancang ulang yang kinerjanya lebih baik dari sebelumnya. Penyelidikan lebih lanjut menemukan bahwa orang hanya datang untuk mencari jam kerja, menu, atau alamat, kemudian terpental dengan niat untuk mengunjungi restoran secara langsung. Metrik yang lebih baik untuk mengukur kualitas halaman / situs adalah kedalaman gulir.

Baca Juga: Jasa SEO Jakarta

Kedalaman gulir - Ini mengukur seberapa jauh pengunjung menelusuri halaman web individual. Apakah pengunjung mencapai konten penting Anda? Jika tidak, uji berbagai cara untuk menyediakan konten paling penting di halaman Anda, seperti multimedia, formulir kontak, dan sebagainya. Juga pertimbangkan kualitas konten Anda. Apakah Anda menghilangkan kata-kata yang tidak perlu? Apakah menarik bagi pengunjung untuk melanjutkan ke bawah halaman? Pelacakan kedalaman gulir dapat diatur di Google Analytics Anda.

Cari lalu lintas

Pemeringkatan adalah metrik SEO yang berharga, tetapi mengukur kinerja organik situs Anda tidak dapat berhenti di situ. Tujuan muncul dalam pencarian harus dipilih oleh pencari sebagai jawaban atas permintaan mereka. Jika Anda memberi peringkat tetapi tidak mendapatkan lalu lintas apa pun, Anda memiliki masalah.

Tetapi bagaimana Anda menentukan berapa banyak lalu lintas situs Anda dapatkan dari pencarian? Salah satu cara paling tepat untuk melakukan ini adalah dengan Google Analytics.

Menggunakan Google Analytics untuk mengungkap wawasan lalu lintas

Google Analytics (GA) penuh dengan data - sangat banyak sehingga bisa sangat besar jika Anda tidak tahu ke mana harus mencari. Ini bukan daftar lengkap, melainkan panduan umum untuk beberapa data lalu lintas yang dapat Anda peroleh dari alat gratis ini.

Mengisolasi lalu lintas organik - GA memungkinkan Anda melihat lalu lintas ke situs Anda dengan saluran. Ini akan mengurangi ketakutan apa pun yang disebabkan oleh perubahan ke saluran lain (mis: total lalu lintas turun karena kampanye berbayar dihentikan, tetapi lalu lintas organik tetap stabil).

Baca Juga: Jelaskan yang dimaksud Kata Kunci

Lalu lintas ke situs Anda dari waktu ke waktu - GA memungkinkan Anda untuk melihat sesi total / pengguna / tampilan halaman ke situs Anda pada rentang tanggal yang ditentukan, serta membandingkan dua rentang terpisah.

Berapa banyak kunjungan yang diterima halaman tertentu - Laporan Konten Situs di GA sangat bagus untuk mengevaluasi kinerja halaman tertentu - misalnya, berapa banyak pengunjung unik yang diterima dalam rentang tanggal tertentu.

Lalu lintas dari kampanye yang ditentukan - Anda dapat menggunakan kode UTM (modul pelacakan urchin) untuk atribusi yang lebih baik. Tentukan sumber, media, dan kampanye, lalu tambahkan kode ke akhir URL Anda. Ketika orang mulai mengklik tautan kode-UTM Anda, data itu akan mulai terisi dalam laporan "kampanye" GA.

Rasio Klik-tayang (RKT) - RKT Anda dari hasil pencarian ke halaman tertentu (artinya persentase orang yang mengklik halaman Anda dari hasil pencarian) dapat memberikan wawasan tentang seberapa baik Anda telah mengoptimalkan judul halaman dan deskripsi meta Anda. Anda dapat menemukan data ini di Google Search Console, alat Google gratis.

Baca Juga: Jasa SEO Bogor

Selain itu, Google Tag Manager adalah alat gratis yang memungkinkan Anda untuk mengelola dan menggunakan piksel pelacakan ke situs web Anda tanpa harus mengubah kode. Ini membuatnya lebih mudah untuk melacak pemicu atau aktivitas tertentu di situs web.

Metrik SEO tambahan tambahan

    Otoritas Domain & Otoritas Halaman (DA / PA) - Metrik otoritas hak milik Moz memberikan pandangan yang kuat sekilas dan paling baik digunakan sebagai tolok ukur relatif terhadap Otoritas Domain dan Otoritas Halaman pesaing Anda.

    Peringkat kata kunci - Posisi peringkat situs web untuk kata kunci yang diinginkan. Ini juga harus mencakup data fitur SERP, seperti cuplikan unggulan dan kotak People People juga yang Anda beri peringkat. Cobalah untuk menghindari metrik kesombongan, seperti peringkat untuk kata kunci kompetitif yang diinginkan tetapi seringkali terlalu kabur dan tidak mengkonversi serta kata kunci yang lebih panjang.

Baca Juga: Jenis Internet Marketing

    Jumlah backlink - Jumlah total tautan yang menunjuk ke situs web Anda atau jumlah domain akar penautan unik (artinya satu per situs web yang unik, karena situs web sering kali menaut ke situs web lain beberapa kali). Meskipun keduanya adalah metrik tautan umum, kami menyarankan Anda untuk melihat lebih dekat kualitas backlink dan menautkan domain root yang dimiliki situs Anda.

Cara melacak metrik ini

Ada banyak alat berbeda yang tersedia untuk melacak posisi situs Anda di SERP, kesehatan perayapan situs, fitur SERP, dan metrik tautan, seperti Moz Pro dan STAT.

Moz dan STAT APIs (di antara alat-alat lain) juga dapat ditarik ke dalam Google Sheets atau platform dasbor yang dapat disesuaikan lainnya untuk klien dan check-in SEO cepat. Ini juga memungkinkan Anda untuk memberikan tampilan yang lebih halus dari hanya metrik yang Anda pedulikan.

Alat dasbor seperti Data Studio, Tableau, dan PowerBI juga dapat membantu membuat visualisasi data interaktif.

Mengevaluasi kesehatan situs dengan audit situs web SEO

Dengan memiliki pemahaman tentang aspek-aspek tertentu dari situs web Anda - posisi saat ini dalam pencarian, bagaimana pencari berinteraksi dengan itu, bagaimana kinerjanya, kualitas kontennya, struktur keseluruhannya, dan sebagainya - Anda akan dapat mengungkap lebih baik Peluang SEO. Memanfaatkan alat mesin pencari sendiri dapat membantu memunculkan peluang itu, serta potensi masalah:

    Google Search Console - Jika Anda belum melakukannya, daftar untuk akun Google Search Console (GSC) gratis dan verifikasi situs web Anda. GSC penuh dengan laporan yang dapat ditindaklanjuti yang dapat Anda gunakan untuk mendeteksi kesalahan situs web, peluang, dan keterlibatan pengguna.

    Bing Webmaster Tools - Bing Webmaster Tools memiliki fungsi yang mirip dengan GSC. Antara lain, ini menunjukkan kepada Anda bagaimana kinerja situs Anda di Bing dan peluang untuk peningkatan.

    Lighthouse Audit - alat otomatis Google untuk mengukur kinerja situs web, aksesibilitas, aplikasi web progresif, dan banyak lagi. Data ini meningkatkan pemahaman Anda tentang kinerja suatu situs web. Dapatkan wawasan kecepatan dan aksesibilitas khusus untuk situs web di sini.

Baca Juga: Jasa SEO Bekasi

    PageSpeed ​​Insights - Menyediakan wawasan kinerja situs web menggunakan data Laporan Pengalaman Pengguna Lighthouse dan Chrome dari pengukuran pengguna nyata (RUM) bila tersedia.

    Alat Pengujian Data Terstruktur - Memvalidasi bahwa situs web menggunakan markup skema (data terstruktur) dengan benar.

    Tes Ramah Seluler - Mengevaluasi seberapa mudah pengguna dapat menavigasi situs web Anda pada perangkat seluler.

    Web.dev - Munculkan wawasan peningkatan situs web menggunakan Mercusuar dan memberikan kemampuan untuk melacak kemajuan seiring waktu.

    Alat untuk pengembang web dan SEO - Google sering menyediakan alat baru untuk pengembang web dan SEO, jadi awasi semua rilis baru di sini.

Meskipun kami tidak memiliki ruang untuk mencakup setiap pemeriksaan audit SEO yang harus Anda lakukan dalam panduan ini, kami menawarkan kursus Audit Situs SEO Teknis mendalam untuk informasi lebih lanjut. Saat mengaudit situs Anda, ingatlah hal-hal berikut:

Crawlability: Apakah halaman web utama Anda dapat dijelajahi oleh mesin pencari, atau apakah Anda secara tidak sengaja memblokir Googlebot atau Bingbot melalui file robots.txt Anda? Apakah situs web memiliki file sitemap.xml yang akurat untuk membantu mengarahkan perayap ke halaman utama Anda?

Halaman yang diindeks: Bisakah halaman utama Anda ditemukan menggunakan Google? Melakukan situs: yoursite.com ATAU situs: yoursite.com/specific-page check in Google dapat membantu menjawab pertanyaan ini. Jika Anda melihat ada yang hilang, periksa untuk memastikan meta robots = noindex tag tidak mengecualikan halaman yang harus diindeks dan ditemukan dalam hasil pencarian.

Baca Juga: Jasa SEO Jogja

Periksa judul halaman & deskripsi meta: Apakah judul dan deskripsi meta Anda melakukan pekerjaan yang baik untuk meringkas konten setiap halaman? Bagaimana RKT mereka dalam hasil pencarian, menurut Google Search Console? Apakah mereka ditulis dengan cara yang membujuk pencari untuk mengklik hasil Anda di atas URL peringkat lainnya? Halaman mana yang bisa diperbaiki? Perayapan di seluruh situs sangat penting untuk menemukan peluang SEO di halaman dan teknis.

Kecepatan halaman: Bagaimana kinerja situs web Anda di perangkat seluler dan di Lighthouse? Gambar mana yang dapat dikompres untuk meningkatkan waktu buka?

Kualitas konten: Seberapa baik konten situs web saat ini memenuhi kebutuhan pasar target? Apakah konten 10X lebih baik daripada konten situs web peringkat lain? Jika tidak, apa yang bisa Anda lakukan dengan lebih baik? Pikirkan tentang hal-hal seperti konten yang lebih kaya, multimedia, PDF, panduan, konten audio, dan banyak lagi.

Kiat pro: Pemangkasan situs web!

Menghapus halaman yang tipis, tua, berkualitas rendah, atau jarang dikunjungi dari situs Anda dapat membantu meningkatkan kualitas yang dirasakan situs web Anda. Melakukan audit konten akan membantu Anda menemukan peluang pemangkasan ini. Tiga cara utama untuk memangkas halaman meliputi:

    Hapus halaman (4XX): Gunakan saat halaman tidak menambah nilai (mis: traffic, tautan) dan / atau sudah usang.

    Redirect (3XX): Redirect URL halaman yang Anda pangkas saat Anda ingin mempertahankan nilai yang mereka tambahkan ke situs Anda, seperti tautan masuk ke URL lama itu.

    NoIndex: Gunakan ini ketika Anda ingin halaman tetap di situs Anda tetapi dihapus dari indeks.

Penelitian kata kunci dan analisis situs web kompetitif (melakukan audit pada situs web pesaing Anda) juga dapat memberikan wawasan yang kaya tentang peluang untuk situs web Anda sendiri.

Baca Juga: Jasa SEO Depok

Sebagai contoh:

    Kata kunci manakah yang diperingkatkan oleh pesaing pada halaman 1, tetapi situs web Anda tidak?

    Kata kunci manakah yang merupakan peringkat situs web Anda pada halaman 1 untuk yang juga memiliki cuplikan unggulan? Anda mungkin dapat memberikan konten yang lebih baik dan mengambil alih cuplikan itu.

    Situs web mana yang terhubung ke lebih dari satu pesaing Anda, tetapi tidak ke situs web Anda?

Menemukan konten situs web dan peluang kinerja akan membantu menyusun rencana serangan SEO berbasis data! Menyimpan daftar yang sedang berjalan untuk memprioritaskan tugas Anda secara efektif.

Memprioritaskan perbaikan SEO Anda

Untuk memprioritaskan perbaikan SEO secara efektif, penting untuk terlebih dahulu menetapkan sasaran yang disepakati dan disepakati antara Anda dan klien Anda.

Meskipun ada sejuta cara berbeda yang dapat Anda prioritaskan pada SEO, kami sarankan Anda untuk memeringkatnya dalam hal kepentingan dan urgensi. Perbaikan mana yang paling banyak memberikan ROI untuk situs web dan membantu mendukung sasaran yang Anda sepakati?

Baca Juga: Gaji SEO

Stephen Covey, penulis 7 Kebiasaan Orang yang Sangat Efektif, mengembangkan kisi manajemen waktu yang praktis yang dapat meringankan beban prioritas:

Memadamkan api SEO yang kecil dan mendesak mungkin terasa paling efektif dalam jangka pendek, tetapi ini sering menyebabkan mengabaikan perbaikan penting yang tidak mendesak. Item yang tidak mendesak & penting pada akhirnya adalah apa yang sering menggerakkan jarum untuk SEO situs web. Jangan menunda ini.

Perencanaan & eksekusi SEO

    “Tanpa strategi, eksekusi tidak bertujuan. Tanpa eksekusi, strategi tidak berguna. ”
    - Morris Chang

Sebagian besar kesuksesan Anda tergantung pada pemetaan yang efektif dan penjadwalan tugas SEO Anda. Anda dapat menggunakan alat gratis seperti Google Sheets untuk merencanakan eksekusi SEO Anda (kami memiliki templat gratis di sini), tetapi Anda dapat menggunakan metode apa pun yang paling sesuai untuk Anda. Beberapa orang lebih suka menjadwalkan tugas SEO mereka di Kalender Google mereka, di kanban atau papan scrum, atau dalam perencana harian.

Gunakan apa yang cocok untuk Anda dan patuhi itu.

Mengukur kemajuan Anda sepanjang jalan melalui metrik yang disebutkan di atas akan membantu Anda memantau efektivitas Anda dan memungkinkan Anda untuk memutar upaya SEO Anda ketika ada sesuatu yang tidak berfungsi. Katakan, misalnya, Anda mengubah judul halaman dan deskripsi meta, hanya untuk memperhatikan bahwa RKPT untuk halaman itu berkurang. Mungkin Anda mengubahnya menjadi sesuatu yang terlalu kabur atau menyimpang terlalu jauh dari topik di halaman - mungkin ada baiknya mencoba pendekatan yang berbeda. Mengawasi tetesan peringkat, RKT, lalu lintas organik, dan konversi dapat membantu Anda mengelola cegukan seperti ini sejak dini, sebelum menjadi masalah yang lebih besar.

Baca Juga: SEO Murah

Komunikasi sangat penting untuk umur panjang klien SEO

Banyak perbaikan SEO dilaksanakan tanpa terlihat oleh klien (atau pengguna). Inilah sebabnya mengapa penting untuk menggunakan keterampilan komunikasi yang baik di sekitar rencana SEO Anda, kerangka waktu di mana Anda bekerja, dan metrik tolok ukur Anda, serta sering lapor masuk dan laporan.
Contact Us

Note: Layanan Jasa SEO Murah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Seluruh Wilayah Indonesia Bergaransi Halaman 1 Google. Informasi Lengkap Anda dapat Menghubungi Kami disini.
Disqus Comments